Yuk, Coba Cara Mengobati Pergelangan Kaki yang Terkilir Ini

This photo shows the legs of a woman who is sitting on a red pillow on a pastel colored couch. The woman is putting on some lotion on her legs with her hands. She has red toenails. Thew whole setting makes a very relaxing impression.

Pexels.com

Pergelangan kaki yang terkilir terjadi karena ligamen yang menjadi tumpuan pergelangan kaki meregang melampuai batas dan sobekannya. Kondisi ini tergantung pada ligamen, kaki yang terkilir bisa ringan sampai berat. Cara mengobati pergelangan kaki yang terkilir sangat bervariasi tergantung tingkat keparahannya. Berdasarkan tingkat keparahannya, terkilir (keseleo) dibedakan menjadi :

  • Keseleo ringan

    Pada tingkat ini terdapat  rasa nyeri, bengkak atau robekan kecil pada ligamen, tetapi  

    tidak berdampak pada sendi.

  • Keseleo sedang. 

     Kondisi pada tingkat ini yaitu ligamen robek sebagian, muncul rasa nyeri dan 

      pembengkakan yang cukup parah, dan kondisi ini berpengaruh terhadap kinerja sendi.

  • Keseleo berat. 

Kondisi ini mengakibatkan ligamen putus dan sendi menjadi tidak stabil. Rasa nyeri 

dan bengkak yang terjadi termasuk sangat parah, disertai kerusakan jaringan di 

sekitarnya.

Jika pergelangan kaki terkilir ini terjadi pada Anda, sebaiknya segeralah melakukan tindakan perawatan dan pengobatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah tingkat keparahan lebih lanjut. Tingkat keseleo pergelangan kaki dapat bervariasi mulai dari pergelangan kaki yang bengkok hingga ligamen yang robek. Tingkat keparahan bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan. Cara ini sebaiknya dilakukan apabila Anda mengalami :

  • Rasa sakit yang menyiksa
  • Tidak bisa berjalan
  • Masih mengalami pembengkakan setelah 48 jam
  • Perawatan tahap pertama biasanya dengan menunggu proses pembengkakan dan sakit berkurang.
  • Kompres area yang terkilir dengan es segera setelah cedera. Lakukan selama 15-20 menit setiap 2-3 jam, hingga 2-3 hari. Cara ini bertujuan untuk mengurangi nyeri, radang dan memar.
  • Agar bengkak berkurang, Anda bisa membalut area yang terkilir dengan perban elastis hingga 2 hari setelah cedera. Sebaiknya tidak menggunakan perban yang terlalu ketat supaya darah tetap mengalir. Anda bisa melepas perban sebelum tidur.

Jika ternyata kaki masih bengkak dan terdapat rasa sakit atau nyeri, Anda bisa :

  • Menggunakan protect (melindungi). 

Melindungi pergelangan kaki dengan mengenakan sepatu yang tinggi melebihi mata kaki (boots).

  • Rest (mengistirahatkan). 

Mengistirahatkan sendi selama 2-3 hari setelah cedera. Apabila dibutuhkan, pakai tongkat untuk berjalan.

  • Elevation (menaikkan). 

Mengangkat pergelangan kaki hingga ketinggian yang sama dengan pinggul saat duduk, jangan dibiarkan menggantung ke bawah. 

Beberapa cara mengobati pergelangan kaki terkilir berikut juga bisa Anda coba :

1. RICE

RICE merupakan pendekatan klasik untuk cedera jaringan lunak. Cara ini dilakukan dengan salah satu alat yang Anda tempelkan di saku belakang dan disimpan untuk nanti. RICE adalah singkatan dari Rest, Ice, Compress dan Elevate. Untuk berlatih metode RICE, Anda bisa mulai dengan mengistirahatkan pergelangan kaki dan menggunakan bantal untuk menopangnya di atas tingkat jantung.

Oleskan es selama sekitar 10-20 menit, tiga kali sehari selama 48-72 jam pertama atau sampai pembengkakan berkurang. Anda dapat menerapkan panas setelah pembengkakan hilang untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan waktu penyembuhan. Bubuk kunyit membuat tapal yang bagus untuk menyembuhkan pergelangan kaki terkilir.

2. Gosok dan tapal

Anda bisa membuatnya sendiri atau membelinya secara daring. Anda bisa menggunakan resep di bawah ini untuk tapal pergelangan kaki yang terkilir dengan mudah. Dengan resep buatan sendiri, Anda bisa menambahkan minyak esensial seperti peppermint, lavender atau chamomile untuk lebih meningkatkan proses anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Campurkan dengan ramuan berikut ini:

  • – 2 sendok makan bubuk kunyit.
  • – 1 sendok makan jus lemon.
  • – Air hangat (tambahkan hingga bentuk pasta).
  • Terapkan secara bebas, dan kemudian bungkus dengan perban dan biarkan selama 10-12 jam.
  • Sayuran seperti kale membantu tubuh Anda lebih cepat sembuh dan mengobati pergelangan kaki yang terkilir

3. Nutrisi

Jika Anda mengalami cedera jaringan lunak, Anda memerlukan kolagen untuk membantu memperbaiki jaringan. Sumber kolagen terbesar selain suplemen yaitu kaldu tulang. Anda bisa mengonsumsi vitamin C, seng, dan vitamin K. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi yaitu kale, brokoli, bayam dengan beberapa biji labu.

Saat Anda fokus untuk menambahkan nutrisi yang tepat untuk setiap makan, juga tidak mengonsumsi alkohol berlebih, gula, makanan olahan, minyak terhidrogenasi, dan kafein dari diet Anda. Meski hanya sementara. Hal ini akan memungkinkan peradangan seluruh tubuh untuk berkurang atau hilang.

4. Yoga

Yoga tidak hanya bermanfaat untuk meregangkan bahu yang lelah, tetapi yoga juga membantu untuk meningkatkan aliran darah yang memungkinkan nutrisi segar dan oksigen mengalir ke tempat-tempat yang paling membutuhkannya. Yoga bisa dipilih sebagai salah satu cara mengobati pergelangan kaki yang terkilir.

Sumber :

www.jpnn.com

https://gofit.id

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*